Sabtu, 09 Agustus 2008

Danau Ranau Harus Dijadikan Kawasan Wisata International



KEELOKAN alam dan kejernihan air danau Ranau, Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, membuat calon wakil gubernur Sumetara Selatan Helmy Yahya menjadi terpesona dan terkagum-kagum. Helmy Yahya pun setuju jika daerah itu menjadi kawasan wisata yang dapat diandalkan di Sumatera Selatan.
“Luar biasa, betul-betul indah. Danau Ranau ini harus dikembangkan menjadi kawasan wisata international. Ke depan kita harus memprioritaskan kawasan ini menjadi pengembangan pariwisata di Sumatera Selatan, di luar daerah lain yang juga memiliki potensi wisata yang bagus seperti Pagaralam, Lahat, OKI, dan lainnya,” kata Helmy Yahya saat berdialog dengan sekitar 4.000 warga di Bandingagung, OKU Selatan, Sabtu (09/08/2008) siang.
“Saat ini pariwisata itu mendatangkan banyak keuntungan bagi pemerintah maupun masyarakat. Lihatlah Bali, mereka tidak memiliki apa-apa kecuali keindahan alamnya. Mereka mendapatkan segalanya dari pariwisata,” kata Helmy Yahya.
Helmy Yahya mengakui dalam program Visit Musi 2008 promosi danau Ranau belum begitu optimal. “Tapi Visit Musi 2008 kan merupakan pintu masuk buat mengembangkan pariwisata di Sumsel. Jadi, bila Visit Musi 2008 baru membuat orang tahu keberadaan danau Ranau, ke depan kita kembangkan fasilitas dan promosinya sehingga akan banyak lagi wisatawan akan datang ke sini, termasuk dari luar negeri. Apalagi sekitar danau ini kan Bukitberisan yang memiliki sejarah besar, terkait peradaban Pasemah yang cukup diketahui masyarakat international,” ujarnya.
Kedatangan Helmy Yahya ke OKU Selatan cukup mengejutkan dirinya. Sejak berada di Muaradua, hingga ke Bandingagung, dirinya selalu disambut ribuan warga. Bahkan di sepanjang perjalanan, selain pelajar, juga warga melambaikan tangan atau sengaja berjabat tangan dengan calon pemimpin termuda dalam sejarah pemerintahan di Sumsel.
“Saya tidak dapat mengucapkan kata yang pantas atas sambutan dulur di sini. Benar-benar luar biasa. Terimakasih, terimakasih, semoga Tuhan memberkahi perjuangan kita buat memenangkan agenda rakyat, agenda kita bersama, yakni meneruskan pembangunan Sumsel,” kata Helmy dengan mata berkaca-kaca.
Helmy Yahya yang sempat menghadiri pesta perkawinan keluarga H. Abizan itu, juga mendapat pernyataan dari para tokoh masyarakat di OKU Selatan yang mengatakan SOHE akan meraih kemenangan di OKU Selatan. “Insyaallah kita akan meraih suara yang besar di sini. Kami memperkirakan sekitar 80 persen,” kata Haji Amir, warga Bandingagung.
Sebetulnya Helmy Yahya diminta oleh sejumlah tokoh masyarakat untuk menginap di sana, tapi lantaran padatnya jadwal sosialisasi, Helmy Yahya menyatakan akan selalu berkunjung ke sana, “Apalagi setelah saya melihat keindahan alam dan keelokan danau Ranau,” katanya.*

Tidak ada komentar: